Tuntas membasmi kutu ala AGA

Hai sobat semua, jumpa lagi dengan saya
Apa kabar semua? Selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan ya …
 
 
Kali ini saya akan berbagi informasi tentang kutu pada anjing dan membasminya hingga tuntas .. tas .. tas…
 
Kutu, mendengar saja kita bisa merasa risih dan jengkel. Masalah kutu pada anjing, hampir semua orang pernah mengalaminya. Berbagai macam cara dilakukan untuk membasmi kutu, berbagai macam obat susah digunakan untuk membasmi kutu tapi tetap saja masih ada kutu. Koq bisa begitu? Nah mari kita sedikit belajar tentang kutu.
 
Pertama, kita mesti tahu dulu jenis-jenisnya. Kutu pada anjing ada yang terlihat kasat mata seperti pinjal, caplak dan lice. Kutu yang tidak terlihat disebut tungau, biasanya kita sebut kutu bawah kulit. Tungau demodex dan tungau sarcoptes. 
 
Kedua kita mesti tahu siklus hidupnya. Siklus hidup kutu adalah telur, larva, nimfa dan dewasa. Kutu hidup dengan cara menghisap darah inangnya. Siklus hidup kutu berkisar 2 minggu, sedangkan caplak hingga 3 bln. Larva dapat hidup hingga 8 bulan tanpa makan sedangkan caplak dewasa dapat bertahan hingga 19 bulan (dikutip dari wikipedia). Luar biasa bukan. 
Caplak betina bisa menghasilkan 5000 butir telur dan menetas setelah 17-30 hari menjadi larva. Larva menghisap darah 2-6 hari lalu berubah menjadi nimfa. Nimfa menghisap darah 4-9 hari dan berubah menjadi caplak dewasa. Caplak dewasa menghisap darah 6-21 hari dan akhirnya bertelur.
 

gambar dapat memiliki hak cipta

 
Dengan daya tahan kehidupan tanpa makanan yang panjang, bisa anda bayangkan begitu usaha anda terasa sia-sia dalam membasmi kutu pada anjing piaraan anda. Sudah bersih muncul lagi, diobati lagi, muncul lagi, diobati lagi, begitu seterusnya sampai anda bosan.
 
Saya pun juga mengalami hal serupa seperti anda, sulit sekali membasmi kutu. Berbagai cara dan merk obat sudah saya pakai tetapi hasilnya sama saja. Sampai suatu ketika saya berfikir bahwa membasmi kutu artinya harus bisa menggendalikan dan menghentikan kutu untuk bereproduksi, dengan cara pengobatan dari luar dan dari dalam tubuh inangnya atau anjingnya. Selain itu kita juga harus patuh pada proses pengobatannya karena siklus hidup yang panjang tadi. Harus telaten.
 
Membasmi kutu
 
dari luar atau dipermukaan kulit bisa dilakukan dengan memberikan obat kutu yang dijual di toko perlengkapan hewan. Berbagai merk obat kutu bisa anda beli di Petshop. Ada juga cara tradisional dengan cara mengoleskan bawang putih keseluruh badan anjing. 
Nah yang perlu diketahui adalah obat kutu tetes bekerja sesuai proses, membutuhkan waktu beberapa hari supaya kutu mati. Obat kutu tetes akan meresap ke kulit dan masuk ke aliran darah dan meracuni darah, sehingga pada saat kutu menghisap darah maka larva, nimfa dan caplak akan mati. Pada proses ini caplak dewasa masih berkesempatan untuk jatuh tetapi tidak mati dan mencari tempat diluar tubuh anjing untuk tidur (hibernasi) dan bangun pada saat siap mencari makanan.
Mengoleskan bawang putih ke tubuh anjing yang berkutu tidak bisa membunuh kutu tetapi hanya sebatas mengusir dari tubuh anjing.
 
Dalam perjalanan saya membasmi kutu, saya menemukan produk yang mampu membunuh kutu hanya dalam hitungan menit, sungguh produk yang luar biasa. Awal menggunakannya saya sangat takjub, tidak butuh waktu lama! Hanya 2 menit!! Kutu mati kering!!! Dari larva, nimfa ataupun caplak dewasa!!!.
 
Pengobatan dari dalam tubuh juga saya lakukan dengan memberikan obat minum sesuai anjuran dari dokter hewan. Obat minum ini adalah racun bagi tungau yang hidupnya didalam lapisan kulit dan tidak terlihat kasat mata. Telur yang menetas menjadi larva dan menghisap darah yang sudah diracuni, akan membunuh semua larva sehingga kita bisa menghentikan siklus hidup caplak.
 
Proses memutus siklus hidup tidak bisa dilakukan dengan 1 kali proses pengobatan tetapi membutuhkan jangka waktu tertentu. Pengobatan harus rutin sampai caplak benar-benar habis dan anjing anda terbebas dari caplak.
 
Inilah ulasan singkat saya tentang membasmi kutu atau caplak pada anjing. 
Jika sobat-sobat penasaran, apa yang saya gunakan untuk menyelesaikan kutu pada anjing peliharaan saya, informasi selanjutnya bisa mendiskusikan bersama saya di kolom komentar 😀
Ditunggu yaaaa ……
 
Terima kasih telah membaca dan nantikan artikel saya selanjutnya.
Total Page Visits: 469 - Today Page Visits: 1